You need to enable javaScript to run this app.

Workshop Pembelajaran Guru di Sekolah Hari Ketiga, Kuatkan Persepsi Kurikulum Merdeka

Workshop Pembelajaran Guru di Sekolah Hari Ketiga, Kuatkan Persepsi Kurikulum Merdeka

smkn3bengkulu.sch.id - SMK Negeri 3 Kota Bengkulu melaksanakan workshop pembelajaran guru di sekolah, di Ruang Aula SMKN 3 Kota Bengkulu pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Kegiatan pada hari ini merupakan hari ketiga pada rangkaian pelaksanaan kegiatan workshop pembelajaran guru di sekolah.

Jika pada hari kedua (Selasa, 15/08/2023) kegiatan dibuka dengan penjelasan mengenai pentingnya pengorganisasian pembelajaran dan capaian pembelajaran yang disampaikan oleh Rahmad Ramelan Setia Budi, M.Pd dan Wahyu Purnama, S.Si, M.Pd, sedangkan kegiatan pembelajaran di hari ketiga ini merupakan pembelajaran tingkat lanjut.

Pasalnya, pada kegiatan pembelajaran di hari ketiga ini bukan hanya menjelasan tentang dasar-dasar kurikulum merdeka, namun sudah memasuki pemahaman penguatan persepsi kurikulum merdeka. Materi-materi yang disampaikan antara lain bagaimana merumuskan tujuan pembelajaran, bentuk-bentuk pemahaman dalam Capaian Pembelajaran dan lain sebagainya.

Sebagaimana diketahui, terdapat 6 aspek pemahaman (Wiggins and Tighe, 2005) yang digunakan dalam dalam Capaian Pembelajaran,  yang dirumuskan dalam bentuk 6 facet of understanding sebagai berikut:

a. Explanation (penjelasan)

Mendeskripsikan suatu ide dengan kata-kata sendiri, membangun hubungan-hubungan antar topik, mendemontrasikan hasil kerja, menjelaskan alasan/cara/prosedur, menjelaskan sebuah teori menggunakan data, berargumen dan mempertahankan pendapatnya.

b. Interpretation (interpretasi)

Menerjemahkan cerita, karya seni, memaknai perasaan, situasi atau sebuah karya dari satu media ke media lainnya.

c. Application (aplikasi)

Menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman mengenai suatu dalam situasi yang nyata dalam kehidupan sehari-hari atau sebuah simulasi (menyerupai kenyataan).

d. Perspective (perspektif)

Melihat suatu hal dari sudut pandang yang berbeda, siswa dapat menjelaskan sisi lain dari sebuah situasi, melihat gambaran besar, melihat asumsi yang mendasari suatu hal dan memberikan kritik.

e. empathy  (empati)

Menaruh diri di posisi orang lain. Merasakan emosi yang dialami oleh pihak lain dan/atau memahami pikiran yang berbeda dengan dirinya. Menemukan nilai (value) dari sesuatu.

f. Self-knowledge (pengenalan diri)

Memahami diri sendiri; yang menjadi kekuatan, area yang perlu dikembangkan serta proses berpikir dan emosi yang terjadi secara internal.

Selain menjelaskan tentang 6 aspek pemahaman dalam Capaian Pembelajaran, di workshop tersebut juga dipaparkan tentang penguatan persepsi tentang tujuan pembelajaran, konsep penyusunan modul ajar, dan lain sebagainya.

Selama workshop berlangsung, terlihat para peserta workshop yang terdiri dari guru-guru SMKN  3 Kota Bengkulu terlihat sangat antusias dalam menyimak materi tersebut.

Perlu diketahui bahwa kegiatan workshop pelatihan guru di sekolah merupakan bagian dari kegiatan SMK Pusat Keunggulan tahap Lanjutan 2023. Kegiatan ini meliputi pemaparan tentang perangkat pembelajaran, modul pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, capaian pembelajaran dan hal-hal lain terkait proses pembelajaran serta persamaan persepsi tentang proses pembelajaran berbasis kurikulum merdeka.

Diharapkan melalui kegiatan ini, guru-guru di SMKN 3 Kota Bengkulu bersama-sama menghadirkan pembelajaran paradigma baru yang sesuai dengan kurikulum merdeka, dan berbasis profil pancasila.

Rencananya, kegiatan workshop ini akan dilaksanakan mulai tanggal 14 Agustus 2023 - 18 Agustus 2023. 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Mirsalin, S.E., M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum wr.wb. Salam sejahtera untuk kita semua. Saat ini perkembangan informasi dan media massa begitu pesat. Hal tersebut bisa...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Menurut Anda, Apa yang harus diperbaiki dan dikembangkan pada situs ini?

Hasil