You need to enable javaScript to run this app.

SMKN 3 Kota Bengkulu Melaksanakan Ujian Sekolah Daring berbasis CBT

SMKN 3 Kota Bengkulu Melaksanakan Ujian Sekolah Daring berbasis CBT

SMK Negeri 3 Kota Bengkulu melaksanakan ujian sekolah untuk kelas 12 pada hari Senin, 11 April 2022. Ujian sekolah tersebut diikuti oleh total siswa sebanyak 514 siswa yang terdiri dari berbagai program keahlian seperti Kuliner, Tata Busana, Tata Kecantikan dan Spa, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Seni Broadcasting dan Film. ujian sekolah tahun ini cukup berbeda dibanding ujian sekolah tahun sebelumnya. Pasalnya, menurut Reno Regan, S.Pd selaku ketua panitia ujian sekolah, ujian sekolah tahun ini dilaksanakan dengan berbasis CBT. “Ya betul. Sesuai dengan kesepakatan MKKS bahwa Ujian Sekolah tahun ini dilaksanakan secara daring menggunakan sistem CBT, namun siswa wajib datang ke sekolah dengan membawa kartu ujian dan ujian di ruangan yang telah disiapkan oleh panitia”, Ujar Ketua Panitia sekaligus Waka kesiswaan SMK Negeri 3 Kota Bengkulu tersebut.

Untuk teknis ujian, ujian sekolah dibagi menjadi dua sesi. Ujian sekolah sesi pertama diikuti oleh siswa-siswi program keahlian Tata Busana, Kecantikan & Spa serta Teknik Komputer dan Jaringan dengan total siswa 276 siswa sedangkan sesi 2 diikuti oleh siswa-siswi program keahlian kuliner, serta seni broadcasting dan film dengan total siswa 238 siswa.
Untuk sesi pertama, ujian dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB – 09.30 WIB. Sedangkan ujian sesi kedua dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB.

Di pagi hari, terlihat para siswa yang akan melaksanakan ujian sesi pertama sudah berada di sekolah pada pukul 07.00 WIB. Mereka terlihat mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Sekolah tersebut. Sementara itu, di Ruang Laboratorium Komputer yang dijadikan sebagai Ruang panitia, terlihat Bapak/Ibu pengawas ujian sudah hadir. Pengawas-pengawas tersebut berasal dari sekolah lain yang berada di ruang lingkup SMA/SMK se Kota Bengkulu. “Ya betul. Untuk tahun ini, pengawasan ujian sekolah dilaksanakan dengan sistem pengawas silang. Artinya, siswa-siswi SMKN 3 Kota Bengkulu diawasi oleh para pengawas dari sekolah lain.” Ujar Reno Regan, S.Pd.
Sebelum ujian dilaksanakan, sekitar pukul 06.45 WIB Kepala SMK Negeri 3 Kota Bengkulu Rismaiti, S.Pd., M.TPd serta Waka Kurikulum SMK Negeri 3 Kota Bengkulu M. Makmun Azhari, M.Pd.I menyampaikan pengarahan kepada para pengawas ujian sekolah terkait teknis pelaksanaan ujian sekolah. Beliau menyampaikan bahwa panitia ujian selalu siap siaga dalam membantu kelancaran ujian selama ujian berlangsung. Maka dari itu, jika ada kendala yang dihadapi oleh siswa, pengawas ujian bisa langsung melapor ke proctor ujianmelalui grup whatsapp yang telah disediakan sehingga efisiensi waktu tetap terjaga dan ujian berjalan dengan lancar.

Perlu diketahui Ujian Sekolah mulai dilaksanakan pada Senin, 11 April 2022 hingga 19 April 2022 dengan berbasis CBT / Online. Meskipun ujian dilaksanakan secara daring, siswa tetap datang ke sekolah sesuai dengan jadwal dan ruangan yang telah ditentukan. Ujian dilaksanakan dengan menggunakan smartphone masing-masing. Bagi siswa yang tidak memiliki smartphone atau memiliki kendala pada stabilitas jaringan internet yang digunakan, panitia ujian juga telah menyiapkan komputer dan laptop yang bisa digunakan siswa untuk mengikuti ujian. 

Dalam ujian sekolah ini, SMK Negeri 3 Kota Bengkulu tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Panitia ujian sekolah telah menyiapkan hand sanitizer dan masker di setiap ruangan ujian. (AJ)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Rismaiti, S.Pd, M.TPd

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum wr.wb. Saat ini kebutuhan informasi dan perkembangan media massa begitu pesat. Hal tersebut bisa kita rasakan di sekitar...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Apa yang harus di kembangkan lagi dari website ini

Hasil