You need to enable javaScript to run this app.

SMKN 3 Kota Bengkulu Laksanakan Tracer Study

SMKN 3 Kota Bengkulu Laksanakan Tracer Study

smkn3bengkulu.sch.id - SMK Negeri 3 Kota Bengkulu melaksanakan workshop penelusuran kerja (tracer study) di Aula SMK Negeri 3 Kota Bengkulu pada Kamis (7/10/2022).

Kegiatan workshop tersebut dihadiri oleh Kepala SMK Negeri 3 Kota Bengkulu Rismaiti, S.Pd., M.T.Pd, Wakil-wakil kepala sekolah, Ketua program-program keahlian, Ketua BKK SMKN 3 Kota Bengkulu serta siswa-siswi perwakilan kelas 12 SMKN  3 Kota Bengkulu.

Kegiatan workshop penelusuran kerja atau disebut tracer study tersebut disampaikan oleh Zid Khusniati, A.Md dan Zuliah Noversih, Sp., M.Pd selaku Analis pendidikan dan Analis pelaksana kurikulum pendidikan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu.

Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa saat ini sekolah menengah kejuruan sedang berkembang pesat seiring perkembangan dan kebutuhan teknologi dan industri. Setiap tahun, lulusan-lulusan SMK pun beragam. Ada yang bekerja, melanjutkan perguruan tinggi dan berwirausaha. Namun, karena terbatasnya data penelusuran lulusan, sampai saat ini belum ada data yang cukup konkrit dalam pemetaan penelusuran lulusan.

Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) melaksanakan tracer study. Tracer study pendidikan vokasi, selanjutnya disebut tracer study, merupakan survei untuk mengetahui aktivitas kebekerjaan (bekerja, wirausaha dan melanjutkan pendidikan), keselarasan, dan kepuasan dunia kerja terhadap lulusan pendidikan vokasi setelah satu tahun lulus dari satuan pendidikan vokasi.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Zuliah Noversih, Sp., M.Pd. Dalam materinya, beliau menunjukkan cara mengisi survei tracer study melalui laman https://tracervokasi.kemdikbud.go.id. Untuk mengisi kuisoernya cukup mudah. Anda diminta mengunjungi https://tracervokasi.kemdikbud.go.id. Setelah itu, di layar akan tertulis "Mulai Mengisi sebagai: Alumni lulusan 2021, Satuan Pendidikan dan Dudi". Pilih salah satu, lalu ikuti intruksi selanjutnya.

Perlu diketahui bahwa tracer study merupakan program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud). Dikutip dari laman resmi, Tracer study merupakan bagian penting dalam proses penjaminan mutu pendidikan vokasi sebagaimana amanat Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 mengenai Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi, serta menjadi perangkat utama untuk mengukur hasil kerja pendidikan vokasi, yaitu kebekerjaan lulusan pendidikan vokasi.

Tracer study juga mengungkap persepsi dunia kerja sebagai mitra pendidikan vokasi yang memberikan umpan balik untuk perbaikan pendidikan vokasi. Hasil tracer study sangat penting sebagai bahan penyusunan kebijakan dan perencanaan program untuk peningkatan kualitas pendidikan vokasi.

Untuk itu, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi mengajak seluruh pihak untuk bekerja sama, berpartisipasi secara aktif dan antusias mengisi berbagai instrumen yang disiapkan, serta mengajak seluruh relasi yang relevan untuk ikut berpartisipasi.

sumber artikel: sejativi

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Rismaiti, S.Pd, M.TPd

- Kepala Sekolah -

Assalamualaikum wr.wb. Saat ini kebutuhan informasi dan perkembangan media massa begitu pesat. Hal tersebut bisa kita rasakan di sekitar...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Apa yang harus di kembangkan lagi dari website ini

Hasil